Sabtu, 12 Februari 2022

JURNAL MINGGUAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

        Modul 1: Paradigma dan Visi Guru penggerak telah selesai dilaksanakn, kini PGP telah sampai di Modul 2 : Praktik Pembelajaran yang berpihak pada Murid. Tanggal 7 Pebruari 2022 Program Pendidikan Guru Penggerek di mulai lagi, Diminggu ini saya mengikuti beberapa materi dan kegiatan/aktifitas pembelajaran modul 2.1 Memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi  di Room LMS. Adapun kegiatan tersebut antara lain :

1. Pre-test Paket modul 2

Dalam pre test paket Modul 2 : Praktik Pembelajaran yang berpihak pada Murid, saya dituntut untuk menyelesaiakan beberapa soal pilihan ganda dan tiga soal menjodohkan. Pre test ini sebagai proses awal yang harus dilewati untuk menguji dan mengetahui tingkat kemampuan awal peserta pendidikan guru penggerak mengenai materi yang dipelajari.

2. Mulai dari Diri - Modul 2.1

Di bagian ini saya diharapkan dapat mengaktivasi pengetahuan yang telah saya miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin diketahui lebih lanjut. Pada kegiatan ini, saya minta untuk : 1) Menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi; 2) Menonton sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut; 3) Menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.

3. Eksplorasi Konsep

Sesi pembelajaran ini terdiri dari 2 bagian yaitu eksplorasi konsep secara mandiri dan eksplorasi konsep melalui forum diskusi. Tujuanya CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk. Serta dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. Ada beberapa pertanyaan yang harus diselesai dan didiskusikan di Sesi ini.

4. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep

Forum diskusi saya harus mampu menunjukan pemahaman tentang berbagai strategi pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, dan produk) serta menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. saya diminta menyaksikan 2 Video :


setelah meyaksikan video tersebut saya mendiskusikan isi video dan artikel tersebut dengan rekan satu kelas Anda secara asinkron dan memberikan pendapat tentang isi video dan artikel  yang telah disaksikan.  Berikut diskusi dengan rekan 1 kelas secara asingkron.




5. Unggah tugas - Eksplorasi Konsep

Pada tahapan ini saya mengunggah Diagaram frayer pembelajaran berdifrensiasi.


6. Ruang kolaborasi

Pada kegiatan ini, saya melakukan kegiatan diskusi secara daring untuk meningkatkan pemahaman saya terkait dengan strategi diferensiasi, khususnya dalam menyusun rencana pembelajaran. Saya berada di kelompok 3 bersama Pak Wawan, Ibu Eri, Ibu Maya, dan Ibu Nazila kami mendiskusikan permasalahan di kelas 1 SD. Kasus ini akan kami presentasikan di pertemuan selanjutnya.




 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROPOSAL STUDY TOUR

PROPOSAL STUDY TOUR