Assalamualaikum wr wb
Berikut ini adalah tugas Modul 1.2 Nilai dan peran Guru penggerak bagian Koneksi antar materi.
1. Apa yang anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? Jelaskan!
Ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara. “Pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat”. Maksud pendidikan itu adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun anggota masyarakat. Maka dari itu seorang Guru Penggerak dituntut untuk dapat menjadi teladan, serta bisa memotivasi sehingga menguatkan kemampuannya untuk memberdayakan murid. Nilai dan peran Guru Penggerak meliputi mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid. Nilai dan peran tersebut akan menjadi landasan Guru Penggerak dalam menjalankan peran serta tugasnya.
Dalam proses menuntun Guru Penggerak dapat menerapkan nilai inovatif, Reflektif, Kolaboratif. Kekuatan kodrat meliputi dua hal yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Pertama, Kodrat alam Guru Penggerak dapat menerapkan nilai mandiri, reflektf. Kedua, Kodrat zaman Guru Penggerak dapat menerapkan nilai inovatif, kolaboratif, pembelajaran yang berpusat pada murid
3. Ingat kembali refleksi diri anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran anda). Apa strategi yang bisa anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
Mulai dari diri sendiri. Sadar diri, mau belajar untuk berkembang. Berkomitmen, dan mempunyai inisiatif untuk mewujudkannya,
Reflektif. Melakukan evaluasi, refleksi diri atas perubahan yang dilaksanakan ataupun dilakukan.
Berkolaborasi. Berkomunikasi, saling bekerja sama, dan Menjaga hubungan baik dengan rekan sekitar.
Inovatif. Mau beradaptasi terhadap tuntutan zaman. Tuntutan zaman pasti akan memunculkan ide atau gagasan baru.
Berpihak kepada Murid. Memahami perbedaan dan gaya belajar, memperbaiki diri agar menjadi teladan yang baik.
4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?
Semua pihak yang ada dalam ekosistem pendidikan antara lain Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Lingkungan Keluarga meliputi orang tua, Istri dan anak, (Memberikan motivasi dan pengertian saat mendapat tugas dan kesibukan). Lingkungan Sekolah meliputi Kepala Sekolah, Rekan-rekan Guru serta murid (Pemberian dukungan moril, pemberian masukan serta berkolaborasi bersama). Lingkungan Masyarakat meliputi Orang tua/Wali murid, Komite sekolah.(sebagai sumber informasi belajar anak di rumah atau masyarakat)
Wassalamu'alaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar