Kamis, 14 Juli 2022

Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

A. Latar belakang.

Perkembangan Pendidikan bergerak begitu cepat dan sangat dinamis, oleh karena itu mengikuti perkembangan zaman merupakan bagian dari dasar Pendidikan anak-anak didik kita. Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa dalam melakukan pembaharuan yang terpadu hendaknya selalu di ingat bahwa segala kepentingan anak-anak didik baik yang berkaitan dengan kehidupan dirinya maupun kehidupan kemasyarakatannya harus berdasarkan pada kodrat alam dan kodrat zaman. Berawal dari semangat, pemikiran Ki Hajar Dewantara, merdeka belajar mengajar dan menjawab perkembangan zaman, khususnya dalam perkembangan teknologi komunikasi. Kebutuhan akan ilmu pengetahuan komputer dirasa semakin besar dan menjadi kebutuhan pokok. Memberikan pembekalan ilmu berbasis komputer dari usia dini sangat diperlukan, guna untuk mempermudah dan menjawab tantangan dimasa depan yang erat akan era globalisasi. Pelatihan komputer ini bertujuan untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pendidikan Sekolah Dasar, pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional bagi anak didik dalam peningkatan mutu. Kegiatan proses belajar mengajar dengan menggunakan segala sumber daya, yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan bagi anak didik itu sendiri.

B. Proses jalannya aksi.

Sekolah merupakan Ekosistem yang didalamnya ada ekosistem biotik dan abiotik. Faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Dalam pelaksana aksi pelatihan komputer ini tidak luput dari peran berbagai pihak dalam sekolahan baik faktor biotik maupun abiotik. Adapun aksi-aksi yang dilakukan yaitu:
  • Menganalisis aset yang dimiliki sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pelaksanaan pelatihan. Dari hasil analisis ada beberapa aset yang dimiliki sekolah yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan pelatihan Komputer dasar ini seperti : Modal SDM (Kepala sekolah yang memiliki jiwa muda terbuka akan perubahan, ada pendidik yang memiliki kemampuan berkompeten dalam pemanfaatan TIK, siswa yang beragam serta memiliki minat dalam Teknologi dan informasi, Wali murid dan komite yang peduli akan pendidikan). Modal Fisik Sarana Prasarana yang mendukung (Gedung, Bantuan TIK Kemendikbud berupa chromebook, infrastruktur akses internet dan listrik). Modal Sosial Aturan peraturan Kegiatan di sekolah baik dalam (kegiatan kokurikuler, intrakurikuler maupun ekstrakurikuler). Modal Lingkungan (Tidak berada di daerah rawan bencana, jauh dari polusi udara, serta suara/jauh dari kebisingan). Modal Finansial (Bantuan Operasional Sekolah sebagai sumber pendanaan). Modal-modal ini yang akan dioptimalkan dalam kegiatan / pelatihan Komputer dasar.
  • Koordinasi dengan Kepala sekolah mengenai PETIK Dasar (Pelatihan TIK Dasar). Koordinasi dengan Kepala sekolah sangat diperlukan guna pijakan atau arahan. Mengingat kepala sekolah adalah pemangku utama dalam sekolah kebijakan dan aturan dari kepala sekolah sangat diperlukan dalam kesuksesan kegiatan / pelatihan ini.
  • Sosialisasi dengan Guru beserta murid mengenai akun belajar.id serta pelatihan TIK Dasar. Sosialisasi diperlukan guna memberikan informasi mengenai Bantuan TIK dari kemendikbud dan pemanfaatan akun belajar.id dalam pelaksanaan pelatihan TIK dasar. Sehingga dapat tersusun sebuah rencana, agenda serta jadwal pelaksanaan TIK Dasar. Selain itu sosialisasi ini merupakan sarana curah pendapat dan diskusi dengan siswa tentang apa yang mereka inginkan dan mengutamakan pilihan mereka dalam rencana dan pelaksanaan Pelatihan TIK dasar.
  • Pelaksanaan Pelatihan TIK Dasar. Pelatihan ini dimulai saat liburan sekolah guna mengisi kegiatan liburan sekolah.
    Pelaksanaan ekstrakurikuler Ekstrakurikuler dilaksanakan pada hari jumat sampai Sabtu. Peserta ekstra adalah siswa kelas 3-6 Ekstrakurikuler dilaksanakan 1 kali dalam satu minggu, atau 2 kali dalam satu bulan.
  • Monitoring dan Evaluasi. Monitoring dilakukan saat perencanaan dan pelaksanaan pelatihan. Respon dan masukan dari guru dan peserta pelatihan serta hasil monitoring akan dijadikan bahan evaluasi perbaikan kedepan
C. Dampak.

Dengan diadakannya PETIK Dasar Pelatihan TIK dasar bagi anak didik ini, diharapkan dapat :
  • Menumbuhkan budaya belajar positif pada siswa dengan pemanfaatan akun belajar.id.
  • Meningkatkan minat belajar anak didik pada Teknologi Informasi serta.
  • Menjadikan anak didik melek teknologi dan gemar belajar (Learning Society)

D. Refleksi.
Perasaan saat merencanakan dan melaksanakan aksi.
Aksi ini merupakan tugas akhir dalam pendidikan guru penggerak. Ada beberapa aksi yang sebelumnya terlintas dalam pikiran. Dari beberapa rencana aksi tentu memiliki kemudahan tersendiri dan kesulitan yang beragam. Sebelum merencanakan sudah membuat saya agak kebingungan menentukan rencana aksi. Dari kebingungan saya ini saya mencoba menganalisis dalam mengambil keputusan aksi mana yang akan saya ambil, saya juga berkoordinasi mencari bahan pertimbangan dari teman-teman lainya. Akhirnya satu aksi yang saya angkat yaitu pelatihan TIK Dasar.
Saat pelaksanaan aksi, kebingungan saya seperti sebelumnya saat merencanakan aksi mana yang diambil tidak begitu menjadi beban. Aksi-aksi yang saya lakukan memang melelahkan tapi semua terbayar tuntas dengan terlaksananya aksi ini. Terasa sangat menantang namun menyenangkan bisa tertawa bersama dalam pelaksanaanya.

Pembelajaran yang didapatkan dari aksi.
Aksi nyata ini bagi saya merupakan aksi nyata yang sangat komplek. Saya memperoleh beberapa pembelajaran dari proses selama menjalankan aksi seperti :
  • Dalam menentukan sebuah program / Kegiatan kita tidak bisa jalan sendirian, ide mungkin tercipta dari diri kita namun proses perencanaan dan pelaksanaan kita memerlukan Ekosistem di dalam sekolah.
  • Ide perubahan akan lebih bermakna apabila kita melakukan sebuah aksi, walaupun bagi kita kecil namun bisa jadi besar dan bermankna bagi orang lain.
  • Anak memiliki kemampuan yang beragam diperlukan sebuah kesabaran dalam memberikan pelatihan, jangan memaksa karena paksaan membuat terpaksa melaksanakan bukan terbiasa melaksanakan. Tugas kita hanya mendampingi belajarnya sambil melepaskan sedikit demi sedikit kontrol kita pada anak.
  • Dalam proses belajar anak, setiap anak memiliki pilihan masing masing. Melalui pilihan mereka akan belajar mengambil sebuah kepemilikan belajarnya sehingga suara mereka dapat diwujudkan.
Perencanaan untuk memperbaiki pembelajaran.
Aksi nyata ini merupakan aksi nyata perdana di Sekolah ini. Tentu diperlukan sebuah perbaikan perbaikan dami mengoptimalkannya. Adapun perbaikan kedepan:
  • Setiap guru hendaknya mau mengisi dan berbagi dalam pelatihan TIK dasar ini, sehingga tidak hanya salah satu sumber saja yang mengisi pelatihan ini.
  • Peserta pelatihan ini sangat terbatas. Harapan kegiatan ini berlangsung kontinyu dan bisa diikuti oleh semua tingkat.
  • Keterampilan yang diberikan hanya sebatas pengetahuan dasar. Harapan ada pelatihan lanjutan guna memantapkan pemahaman anak.
E. Dokumentasi.



Dokumen Aksi Nyata


Video Aksi Nyata

1 komentar:

  1. Program sekolah yg sangat menjanjikan yakni melek tehnologi bagi anak didik yang nantinya bisa merambah dunia digital, seni juga kreativitas,, sangat menginspirasi Pak. Semangat juga untuk sekolah- sekolah yang sudah mendapat bantuan TIK,, jangan hanya disimpan

    BalasHapus

PROPOSAL STUDY TOUR

PROPOSAL STUDY TOUR