Pebelajaran di Ruang LMS minggu ini meliputi :
-. Ruang Kolaborasi - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Dikegiatan ini kami Menguraikan bentuk penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing yang di pandu Fasilitator. Saya berkolaborasi dengan kelompok kelas rendah (Kelompok 1 jenjang Paud Kelas 1-3) untuk menguraikan implementasi/penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional untuk murid sesuai dengan kelompok jenjang pendidikan masing-masing. Anggota kelompok saya yaitu ; Muji Utami, S.Pd. (Tk Al-Fatah Margopatut); Sumiati, S.Pd. (Tk Pertiwi Gemenggeng); Nazilatun Nuril H, S.Pd. (SDN 1 Banaranwetan); Bekti Purwo Widodo, S.Pd. (SDN Sugihwaras) dan saya Akhmad Mujib, S.Pd. (SDN 2 Buduran). Adapun tugas yang harus kami diskusikan :
Hasil diskusi kami akan kami presentasikan di kegiatan berikutnya.
-. Ruang Kolaborasi - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Dalam kegiatan ini kami mempresentasikan hasil dikusi dan analisis terkait tugas 3.1 dan tugas 3.2 dan di tanggapi oleh kelompok lainya dalam kelompok besar. Kelompok saya di wakili oleh : Muji Utami, S.Pd. (Sebagai Moderator) ; Sumiati, S.Pd. (Penyaji I); Nazilatun Nuril H, S.Pd. (Penyaji II). Dalam pemaparan kami kami mendapatkan masukan dan penguatan dari kelompok lain. Setelah semua kelompok menyajikan hasil analisisnya Fasilitator memberikan refleksi dan pelurusan pemahaman kami. Ada beberapa yang harus kami revisi untuk menyempurnakan tugas tugas 3.1 dan tugas 3.2 yang selanjutnya akan di unggah hasil diskusi.
-. Ruang Kolaborasi (Unggah Hasil) - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Dalam ruang ini saya mengunggah hasil analisis yang telah di presentasikan dan di refisi untuk menyempurnakanya.
-. Refleksi Terbimbing - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Kegaitan refleksi terbimbing saya melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah saya lalui serta menggunakan pemahaman baru untuk memperbaiki proses pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan dalam refleksi ini :
-. Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Tugas: menerapkan pembelajaran sosial dan emosional berbasis kesadaran penuh dalam mata pelajaran yang diampu.
Pilihlah satu RPP mata pelajaran yang sudah Anda susun sebelumnya di sekolah; Menentukan kompetensi sosial - emosional (KSE) berbasis kesadaran penuh yang akan Anda integrasikan dalam RPP tersebut; Menetukan teknik atau bentuk kegiatan untuk mengembangkan kompetensi sosial-emosional yang Anda pilih dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang diampu; Menuuliskan : Kompetensi Sosial dan Emosional, apa yang akan dilakukan, apa yang dikatakan guru, dan melampirkan lembar refleksi diri, lembar observasi, atau daftar periksa dalam RPP tersebut.
Dari rangkaian kegiatan minggu ini, saya semakin memahami mengenai Pembelajaran Sosial-Emosional, terutama dari studi kasus yang kami coba pecahkan. Pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya muncul mulai terjawab dari hasil diskusi dan pemaparan dari fasilitator.
Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secarakolaboratif seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional. Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan untuk;
- Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi
- Menetapkan dan mencapai tujuan positiF
- Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain.
- Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif serta
- Membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Minggu ini saya sangat senang, karena bertambah lagi ilmu saya mengenai Pembelajaran Sosial-Emosional. Saya siap untuk terus belajar dan berusaha mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) dapat dilakukan dengan 4 cara:
- Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) secara spesifik dan eksplisit
- Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid
- Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid
- Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar