Assalamualaikum Wr Wb.
Saya berada di kelompok kelas Nganjuk 8 yang di dampingi oleh pengajar praktik Endang Sulistiyowati (SD Negeri 1 Ngrami) dan Yeni Nur Nikmatin (SMAN 1 Prambon) peserta CGP di kelas Nganjuk 8 antara lain :Husnul Hamidiyah (SD Negeri 1 Bagorkulon); Maya Kartika Ayu Windra (SD Negeri 1 balongrejo); Ery Solihatin Muniroh (SD Negeri 1 Banarankulon); Nazilatun Nuril Hidayah (SD Negeri 1 Banaranwetan); Saya sendiri-Akhmad Mujib (SD Negeri 2 Buduran); Sumiati (Tk Pertiwi Gemenggeng); Bekti Purwo Widodo (SD Negeri Sugihwaras); Aries Christiawan (SMAN 1 Nganjuk); Jenny Rindarsih Satriawan (SMAN 1 Nganjuk); Lely Farida Widyastuti (SMAN 1 nganjuk); Anik Setyoningsih (SMAN 2 Nganjuk); Bertha Dian Aristina (SMAN 2 Nganjuk); Eny Winarti (SMAN 2 Nganjuk); Evy Dhiana Kusuma (SMAN 2 Nganjuk). Kegiatan lokakarya 3 ini sangat sepesial karena kita di dampingi Kepala Sekolah masing-masing dan seorang pengawas.
Kegaiatan yang kita lalui :
Sesi Pengantar Lokakarya
Peserta memahami tujuan dari lokakarya.
Peserta membuat kesepakatan agar lokakarya partisipatif dan saling belajar.
Peserta berbagi mimpi sebagai pendidik
Dalam kegiatan ini kami di sajikan video, CGP menyimak video setelah menyimak video CGP menyampaikan Pembelajaran apa yang ada dalam video tadi, bercerita dan saling berbagi pengalaman. selanjutnya kami di berikan tujuan yang ingin di capai dalam kegiatan lokakarya ke 3 ini, membuat kesepakan kelas dan berbagi mimpi harapan CGP sebagai pendidik saat pensiun nanti.
Sesi Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi
Peserta dapat mengambil pelajaran terhadap proses belajar mengajar di sekolah selama ini
Peserta dapat memahami harapan semua warga sekolah terhadap pembelajaran di sekolah yang berdampak kepada murid.
Sesi Merumuskan Visi, Misi, dan Program yang Berdampak pada Murid
Visi sekolah yang berdampak kepada murid adalah tujuan, harapan besar, cita-cita bersama yang sungguhsungguh ingin dicapai dengan segenap usaha dan sumber daya. Visi adalah gambaran ideal sekolah, inspirasi bersama yang ingin diwujudkan, dan mendorong semua orang bergerak mencapai tujuan. Visi menggambarkan tujuan besar sekolah jangka panjang (misalnya 5- 10 tahun)
Misi sekolah berdampak kepada murid adalah pernyataan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai dan kegiatan utama dari sekolah. Secara jelas mengandung apa upaya yang harus dilakukan untuk mencapainya dan keluaran utama (output) dari upaya tersebut.
Program sekolah yang berdampak kepada murid adalah wujud nyata berupa aktivitas/kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang berdampak kepada murid. Aksi atau pelaksanaan dari program sekolah yang berdampak kepada murid tidak dapat dilakukan sendiri tetapi harus dengan kolaborasi atau gotong royong. Oleh karena itulah, sebelum merencanakan aksi diperlukan pemetaan potensi sekolah dan aktor yang terlibat di dalamnya agar semua pihak bisa berkontribusi maksimal untuk perkembangan belajar murid.
Sesi Aksi Jangka Pendek CGP dan Kepala Sekolah
Kegiatan/aksi yang dilakukan perlu jelas “apa dan bagaimana hal tersebut dilakukan!”. Jika melibatkan banyak orang, maka penafsiran aktivitas sama bagi siapapun.
2. Mesurable (dapat diukur)
Semua yang terlibat paham bahwa tujuan telah tercapai atau tidak. Jelas kuantitas, kualitas, frekuensi, waktu, dan lainnya.
Luarrr biasaaa
BalasHapusSemangat ya Bpk ibu guru.. Smoga jd amal jariyah yg tak terputus ��
BalasHapusSemangat ya Bpk ibu guru.. Smoga jd amal jariyah yg tak terputus 🤲
BalasHapusSemangat pak mujib dan teruslah berkarya
BalasHapusWar biasah
BalasHapus