Senin, 14 Maret 2022

LOKAKARYA 3 GURU PENGGERAK

Assalamualaikum Wr Wb.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya di kegiatan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 yaitu kegiatan Lokakarya. Kegiatan Lokakarya 3 di adakan secara tatap muka  bertempat di Hotel & Resto Nirwana Nganjuk Jl. Gatot Subroto No.2, Kauman, Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk
pada Hari Senin, 14 Maret 2022 Mulia pukul : 08.00 WIB – selesai. Topik yang akan dibahas pada Lokakarya 3 adalah Visi Guru Penggerak, harapan dari kegiatan lokakarya ke 3 ini Calon Guru Penggerak mampu berbagi dan menganalisis hasil pembelajaran dan harapan warga sekolah terhadap pembelajaran; merumuskan dokumen awal visi, misi dan program sekolah yang berdampak kepada murid; dan menyepakati rencana aksi janji jangka pendek untuk dilaksanakan di sekolah.

Saya berada di kelompok kelas Nganjuk 8 yang di dampingi oleh pengajar praktik Endang Sulistiyowati (SD Negeri 1 Ngrami) dan Yeni Nur Nikmatin (SMAN 1 Prambon) peserta CGP di kelas Nganjuk 8 antara lain :Husnul Hamidiyah (SD Negeri 1 Bagorkulon); Maya Kartika Ayu Windra (SD Negeri 1 balongrejo); Ery Solihatin Muniroh (SD Negeri 1 Banarankulon); Nazilatun Nuril Hidayah (SD Negeri 1 Banaranwetan); Saya sendiri-Akhmad Mujib (SD Negeri 2 Buduran); Sumiati (Tk Pertiwi Gemenggeng); Bekti Purwo Widodo (SD Negeri Sugihwaras); Aries Christiawan (SMAN 1 Nganjuk); Jenny Rindarsih Satriawan (SMAN 1 Nganjuk); Lely Farida Widyastuti (SMAN 1 nganjuk); Anik Setyoningsih (SMAN 2 Nganjuk); Bertha Dian Aristina (SMAN 2 Nganjuk); Eny Winarti (SMAN 2 Nganjuk); Evy Dhiana Kusuma (SMAN 2 Nganjuk). Kegiatan lokakarya 3 ini sangat sepesial karena kita di dampingi Kepala Sekolah masing-masing dan seorang pengawas.

Kegaiatan yang kita lalui :

Sesi Pengantar Lokakarya

TUJUAN SESI: 
Peserta memahami tujuan dari lokakarya.
Peserta membuat kesepakatan agar lokakarya partisipatif dan saling belajar.
Peserta berbagi mimpi sebagai pendidik

Dalam kegiatan ini kami di sajikan video, CGP menyimak video setelah menyimak video CGP  menyampaikan Pembelajaran apa yang ada dalam video tadi, bercerita dan saling berbagi pengalaman. selanjutnya kami di berikan tujuan yang ingin di capai dalam kegiatan lokakarya ke 3 ini, membuat kesepakan kelas dan berbagi mimpi harapan CGP sebagai pendidik saat pensiun nanti.

Sesi Ambil Pelajaran dan Gali Mimpi

TUJUAN SESI: 
Peserta dapat mengambil pelajaran terhadap proses belajar mengajar di sekolah selama ini
Peserta dapat memahami harapan semua warga sekolah terhadap pembelajaran di sekolah yang berdampak kepada murid.

Kegiatan ini Pengajar Praktik menjelaskan tujuan sesi Ambil Pelajaran dan Gali mimpi kepada peserta.  Menyampaikan paparan slide tentang 5 Tahapan Inkuiri Apresiatif yang dikenal dengan konsep “BAGJA”, memutarkan video mengenai tahapan inkuiri apresiatif agar memberikan gambaran kepada kita semua terkait langkah/tahapan yang dibutuhkan untuk merumuskan visi, misi dan program yang berdampak kepada murid”

Sesi Merumuskan Visi, Misi, dan Program yang Berdampak pada Murid

Visi sekolah yang berdampak kepada murid adalah tujuan, harapan besar, cita-cita bersama yang sungguhsungguh ingin dicapai dengan segenap usaha dan sumber daya. Visi adalah gambaran ideal sekolah, inspirasi bersama yang ingin diwujudkan, dan mendorong semua orang bergerak mencapai tujuan. Visi menggambarkan tujuan besar sekolah jangka panjang (misalnya 5- 10 tahun) 

Misi sekolah berdampak kepada murid adalah pernyataan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai visi. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai dan kegiatan utama dari sekolah. Secara jelas mengandung apa upaya yang harus dilakukan untuk mencapainya dan keluaran utama (output) dari upaya tersebut. 

Program sekolah yang berdampak kepada murid adalah wujud nyata berupa aktivitas/kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah yang berdampak kepada murid. Aksi atau pelaksanaan dari program sekolah yang berdampak kepada murid tidak dapat dilakukan sendiri tetapi harus dengan kolaborasi atau gotong royong. Oleh karena itulah, sebelum merencanakan aksi diperlukan pemetaan potensi sekolah dan aktor yang terlibat di dalamnya agar semua pihak bisa berkontribusi maksimal untuk perkembangan belajar murid. 

Sesi Aksi Jangka Pendek CGP dan Kepala Sekolah

Aksi adalah kegiatan atau tindakan yang dilakukan untuk melakukan perubahan dan mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini adalah aksi yang dimaksud adalah aksi yang berdampak pada murid. Aksi yang akan disepakati bersama oleh CGP dan kepala sekolah haruslah mencerminkan prinsip SMART yaitu: 
1.Specific (jelas)
Kegiatan/aksi yang dilakukan perlu jelas “apa dan bagaimana hal tersebut dilakukan!”. Jika melibatkan banyak orang, maka penafsiran aktivitas sama bagi siapapun.
2. Mesurable (dapat diukur)
Semua yang terlibat paham bahwa tujuan telah tercapai atau tidak. Jelas kuantitas, kualitas, frekuensi, waktu, dan lainnya.
3. Achievable (dapat dicapai)
Apakah realistis dilakukan?; Apakah orang-orang yang berkomitmen memiliki pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk melaksanakan target yang dicapai?
4. Relevant (tujuan untuk murid)
Apakah komitmen janji yang akan dilaksanakan sesuai dengan visi besar yang dirumuskan yakni sekolah yang berpihak kepada murid
5. Time Oriented (target waktu)
Masing-masing pihak yang berkomitmen memiliki target waktu penyelesaian yang jelas. 

Sesi Penutup dan Tindak Lanjut  
TUJUAN SESI:
Peserta saling memberikan umpan balik pelaksanaan belajar
Peserta mengevaluasi dan memetik pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya
Peserta mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan dilakukan. 

Kepala Sekolah, CGP, dan pengawas saling memberikan masukan terkait apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki dalam proses kerja sama untuk menyelesaikan tugas di dalam lokakarya. 

Wassalamualaikum Wr Wb.

PRA Lokakarya Persiapan SWAB

Kopi Break




Kegiatan Diskusi dan Pemaparan Visi Misi

5 komentar:

PROPOSAL STUDY TOUR

PROPOSAL STUDY TOUR